Model Blog yang disukai oleh Google dan Pengunjung

Info Tentang Blogger. Modus Blogger kali ini akan sedikit mengulas tentang Model Blog yang disukai oleh Google (search engine friendly) dan Pengunjung (user friendly), sehingga mampu untuk meningkat popularitas maupun traffik kunjungannya. Membuat sebuah web atau blog yang memiliki kapasitas demikian tersebut hendaknya telah diprogramkan sejak awal kita membuat sebuah web atau blog. Dalam hal ini kita harus memiliki tujuan, sasaran dan kalau mungkin visi dan misi yang jelas tentang keberadaan blog kita sendiri. Hal ini tentu saja dengan satu tujuan agar blog kita tidak tertelan arus persaingan yang sedemikian ketatnya dan utamanya tidak menjadi blog sampah.

Mendapat pengunjung blog yang berlimpah tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu waktu dan kerja keras. Salah satunya adalah bagaimana kemampuan anda memposisikan blog di tempat terbaik pada halaman hasil pencarian (SERP) Google dan menarik perhatian pengunjung. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya ingin berbagi informasi dengan semua pembaca tentang ciri-ciri blog yang disukai oleh google maupun pengunjung.

Modus Blogger, Blog Banner

Ciri blog yang disukai Google

1. Konten informatif dan dibutuhkan

Hal pertama yang harus anda lakukan agar blog disukai Google adalah membuat konten (artikel) yang memberikan informasi dengan benar dan akurat serta banyak dibutuhkan oleh pengunjung. Silahkan simak ciri artikel yang disukai pengunjung. Ciri blog yang disukai Google kontennya tidak hanya mengedepankan kepentingan dan kepuasan admin. Jadi, buatlah konten blog berkualitas, orisinil dan menyajikan informasi yang dibutuhkan banyak orang agar blog anda disukai Google. Dan agar artikel yang anda buat muncul di halaman pertama hasil pencarian, maka harus meletakkan kata kunci pada artikel dengan cara yang tepat dan tidak terlalu berlebihan.

2. Blog mendapat tautan dari situs lain
Ciri blog yang disukai Google adalah blog yang mendapat tautan (backlink) dari situs lain dengan peringkat tinggi dan dalam jumlah yang rasional. Blog yang memiliki backlink cukup akan meningkatkan kepercayaan Google terhadap blog tersebut. Apabila masih kesulitan mendapat backlink berkualitas, anda bisa membuat puluhan ‘blog bodoh’ yang masing-masing saling tertaut dan semuanya mengarahkan tautan ke blog utama anda. Praktek ini sering diistilahkan dengan dummy-blog.

3. Blog mudah diakses
Pastikan blog anda mudah diakses, periksa kembali jangan sampai terdapat link yang rusak atau terputus. Link terputus mengakibatkan artikel blog tidak bisa diakses dan halaman tidak akan ditemukan. Ciri artikel yang disukai Google memiliki navigasi yang jelas dan link natural yang menghubungkan artikel-artikel terkait di dalam blog.


Ciri blog yang disukai pengunjung

1. Loading blog cepat
Ciri blog yang disukai pengunjung loadingnya tidak lambat atau berat, pengunjung cenderung akan meninggalkan blog yang lambat. Agar blog anda disukai pengunjung usahakan memilih template blog yang fast loading (dan responsive tentunya), usahakan tidak memasang widget/plugin yang tidak penting dan tidak banyak konten multimedia.

2. Tidak ada iklan popup
Pengunjung pada umumnya merasa terganggu dengan kemunculan iklan atau like fanspage yang melayang. Apalagi kalau pengunjung merasa “dipaksa” untuk mengklik tombol like, admin blog tidak menyertakan tombol close (X) pada fanspage yang melayang tersebut. Saya sendiri langsung menutup blog seperti itu. Agar blog anda termasuk pada ciri blog yang disukai pengunjung, hilangkan atribut yang menggangu itu dari sekarang.

3. Tampilan dan warna blog enak dilihat
Memilih dan memodifikasi template jangan cuma mementingkan selera pribadi, yang lebih penting adalah memenuhi selera pengunjung agar mereka puas dan betah berada di blog anda. Ciri blog yang disukai pengunjung tidak menampilkan warna, bentuk huruf atau atribut yang mencolok dan merusak mata.

Pengunjung yang membuka blog seperti itu akan segera pergi karena merasa tidak nyaman. Buatlah tampilan, huruf dan warna yang enak dipandang agar pengunjung betah berlama-lama di blog anda.

4. Tidak menggunakan background musik
Saya sendiri sering merasa terganggu dengan munculnya musik saat membuka sebuah blog. Dengan memasang musik autoplay pada sebuah blog secara tidak langsung anda sudah mengusir pengunjung untuk pergi dari blog anda. Ciri blog yang disukai pengunjung senantiasa memberi kenyamanan kepada pengunjung, bukan menggangunya meski dengan alunan musik sekalipun.

5. Tidak menyisipkan link yang menyesatkan
Hati-hati saat anda menyisipkan link pada artikel. Pengunjung jangan sampai merasa dijebak dengan link menyesatkan yang mengarah ke link lain tanpa ada kaitannya sama sekali dengan konten yang mereka baca. Ciri blog yang disukai pengunjung memiliki link terkait yang memang benar-benar sesuai dan dibutuhkan.

6. Konten blog segar dan berkualitas
Ciri artikel yang disukai pengunjung memiliki konten yang berkualitas. Blog ibarat sebuah toko sedangkan konten ibarat dagangannya. Agar toko kita banyak pengunjung, sediakan dagangan yang berkualitas, murah dan pelayanan yang ramah. Konten yang segar, informatif dan inspiratif akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjung. Tanpa dimintapun mereka akan balik lagi ke blog anda dan merekomendasikan blog anda kepada temannya baik secara langsung maupun tidak langsung, dishare ke media sosial atau memasang link yang mengarah ke artikel blog anda.

Itulah ciri-ciri blog yang disukai oleh Google dan pengunjung. Semoga apa yang telah saya tulis menjadi inspirasi bagi anda yang sedang membangun blog baru, kalau anda punya tambahan silahkan tulis pada kotak komentar. Semoga bermanfaat.
Model Blog yang disukai oleh Google dan Pengunjung
Item Reviewed: Model Blog yang disukai oleh Google dan Pengunjung 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!