Viral Blog, sebuah terobosan dunia SEO

Info Blog, banner blogBlog Info, pada artikel update kali ini akan sedikit membahas tentang Viral Blog sebagai sebuah terobosan dunia SEO (search engine optimization). Artikel tentang Viral Blog ini pernah dibahas oleh rekan blogger dalam sebuah artikelnya yang berjudul Viral Blog Solusi SEO Masa Kini. Dalam artikel tersebut, Viral Blog didefinisikan sebagai "merupakan sebuah blog dengan kandungan konten-konten yang berkualitas dan original sebanyak hampir 90 % atau lebih, dengan mayoritas konten-konten tersebut menempati halaman pertama pada daftar hasil pencarian search engine (SERP) berdasarkan sebuah kata kunci tertentu. Intisari penilaian Viral Blog ini terletak pada kualitas konten-konten yang dimilikinya, serta posisinya pada daftar hasil pencarian search engine".

Menarik sekali untuk menelaah tentang definisi Viral Blog tersebut di atas, yang mengandung faktor-faktor penting keberadaan sebuah blog yang di dalamnya mengandung beberapa unsur penting, yaitu  :
  1. Kandungan konten-konten blog yang original dan berkualitas.
  2. Mayoritas konten-konten tersebut menempati halaman pertama daftar hasil pencarian search engine, semacam Google search engine.

Dua faktor tersebut di atas, menurut hemat penulis merupakan unsur-unsur penting yang harus dan wajib dimiliki sebuah blog agar mampu menjadi Viral dalam konteks yang lebih luas (dalam hal ini di dunia internet), dan tentu saja memiliki tingkat persaingan yang besar dan lebih berat, apalagi bagi kalangan blog yang baru dibentuk ataupun bagi para blogger pemula (seperti aku ini). Memang memiliki sebuah blog yang mampu menjadi Viral di dunia internet pada dasarnya merupakan sebuah impian bagi kebanyakan blogger termasuk saya sendiri dalam hal ini.

Proses membuat sebuah blog agar dapat menjadi Viral di dunia internet tentunya bukan merupakan sebuah perkara yang mudah serta membutuhkan waktu yang tidak singkat. Banyak hal atau faktor yang mesti menjadi perhatian utama, diantaranya adalah  :

  1. Proses optimasi blog (SEO OnPage) yang maksimal dan memadai harus selalu dilakukan dalam tahap yang wajar dan tidak berlebihan.
  2. Blog yang bersangkutan harus mampu mengumpulkan backlink yang berkualitas dari berbagai situs dengan page authority yang tinggi. Backlink tersebut harus diperoleh secara natural dan alami tanpa praktek-praktek spammer.
  3. Blog yang bersangkutan harus senantiasa berbagi artikel-artikel blog yang original dan berkualitas ke berbagai situs Sosial Media yang ada di dunia internet.
  4. Admin blog dalam hal ini memiliki kewajiban untuk selalu aktif dalam berbagai forum media sosial yang ada, sekaligus dalam upaya untuk meningkatkan popularitas blognya.
  5. Faktor yang terpenting adalah senantiasa memiliki sekaligus menjaga tingkat originalitas serta kualitas konten-konten blog yang ada.

Ke lima faktor tersebut di atas harus senantiasa menjadi perhatian utama dalam setiap aktivitas blogging yang dilakukan oleh pemilik atau admin blog yang bersangkutan. Tentu saja dalam hal ini membutuhkan keseriusan, totalitas, inovasi serta terobosan-terobosan baru. Hal ini tentu saja berkaitan dengan masalah intisari eksistensi sebuah blog yang tidak dapat dilepaskan keterkaitannya dengan tingkat kualitas konten-konten blog yang dimilikinya.

Sebagai langkah awal, tidak perlu kita terlalu dipusingkan dengan masalah-masalah SEO blog (yang rumit) ataupun pola-pola pencarian dan pengumpulan backlink blog. Tahap awal yang perlu menjadi konsentrasi aktivitas adalah masalah kualitas dan originalitas konten-konten blog, yang dalam hal ini dapat diartikan sebagai pola anti copy-paste artikel blog-blog lain. Dengan mempertahankan sekaligus senantiasa menjaga tingkat originalitas serta kualitas konten-konten blog yang ada, maka masalah-masalah semacam backlink blog akan dapat kita kumpulkan dengan cara yang lebih mudah dan tidak terlalu susah untuk dilakukan. Para pengunjung blog akan senantiasa dengan rela hati untuk membantu sharing artikel blog, bahkan mungkin akan memberikan backlinknya, bilamana ia menemukan artikel yang original dan berkualitas. Bahkan, kalangan search engine pun akan sangat menyukai konten-konten yang unik, original dan berkualitas ini, dan bisa jadi mereka akan menempatkannya dalam sebuah peringkat yang tinggi pada daftar hasil pencariannya.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri Viral Blog yang umum, yaitu  :

a. Mayoritas konten-kontennya mampu menempati halaman pertama dari daftar hasil pencarian search engine.

b. Memiliki jumlah kunjungan yang banyak dalam satu harinya, serta prosentase "bounce rate" nya sangat kecil.

c. Menjadi panutan blog-blog lain yang ada di dunia internet.

d. Memiliki proses optimasi blog yang maksimal dengan cara-cara yang wajar dan tidak berlebihan.

e. Memiliki jumlah backlink dari berbagai blog atau situs yang berkualitas tanpa harus menjalankan praktek-praktek Black Hat SEO.

f. Banyak dibicarakan di dalam berbagai situs-situs Media Sosial yang ada.

g. Memiliki desain template blog yang bagus (tidak berlebihan) serta memiliki tingkat kecepatan loading blog yang tinggi.

h. Kalau dulu (sebelum tahun 2013), sudah pasti memiliki pagerank yang tinggi.


Efektivitas Viral Blog di dunia SEO.

Proses optimasi SEO blog pada dasarnya adalah untuk satu tujuan, yaitu menempatkan blog tersebut pada peringkat teratas pada sebuah daftar hasil pencarian oleh search engine. Proses optimasi SEO blog ini erat kaitannya dengan kualitas konten sebuah blog. Apa jadinya proses optimasi SEO tersebut bilamana dilakukan untuk blog yang tidak berkualitas artinya dilakukan untuk blog-blog yang mayoritas memuat artikel-artikel blog sebagai hasil dari copy paste artikel orang lain ? Sungguh merupakan sebuah hal yang ironis dan sangat membuang-buang waktu serta tenaga.

Algoritma Google pun untuk saat ini telah semakin pandai untuk menempatkan serta mengurutkan posisi sebuah konten (postingan blog) berikut dengan blog yang bersangkutan dalam sebuah daftar hasil pencariannya. Secara otomatis, konten-konten yang original dan berkualitas dalam hal ini memiliki peluang yang sangat besar untuk mampu bertengger pada posisi teratas dari daftar hasil pencarian Google ini.

Baca juga : Pengertian SEO.

Dengan kita memiliki Viral Blog, maka kita tidak perlu terlalu dipusingkan dengan berbagai macam praktek SEO blog dengan proses yang sedemikian rumitnya. Cukuplah kita mempertahankan kualitas dan originalitas konten-konten blog yang bersangkutan, maka posisi pada daftar hasil pencarian akan mengikut dengan sendirinya. Hal ini senada dengan adanya idiom "Content is The King".

Bagi saya pribadi, kualitas dan originalitas konten Blog Info ini adalah segala-galanya dan otomatis haruslah mendapatkan perhatian yang paling utama. Sedangkan praktek-praktek SEO blog hanyalah merupakan sarana pendukung saja, namun tetap dan wajib untuk dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan sifatnya.


Demikianlah uraian dalam update Info Blog ini, semoga dapat bermanfaat.

Viral Blog, sebuah terobosan dunia SEO
Item Reviewed: Viral Blog, sebuah terobosan dunia SEO 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Sayang nya Blog saya cuma blog personal bukan viral hihihi

Kenapa nggak dijadikan Viral Blog ...... ??

makasih infonya ya, akhir2 ini sering dengar tentang viral blog, dan dapet jawabannya di sini. jadi semangat buat ngembangin blog :D

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!