Apa sebab Blog jadi sulit berkembang ?

Modus Blogger, more trafficBlog Info. Apa sebab Blog jadi sulit berkembang ? Adalah sebuah pertanyaan yang sering dipendam oleh kebanyakan blogger, terutama blogger-blogger pemula semacam aku ini. Pertanyaan ini sebenarnya mudah untuk dijawab, asalkan kita mau jujur dan introspeksi diri secara lebih mendalam. Berkembang atau tidaknya sebuah blog, pada dasarnya tergantung kepada dua hal penting, yaitu kondisi blog itu sendiri dan di sisi lain adalah admin blog yang memegang peranan sangat penting.

Pertanyaan tentang : "Apa sebab Blog jadi sulit berkembang ?" ini pada dasarnya juga dapat dijawab atau dicari solusinya dengan mempergunakan kedua metode diatas, yaitu berdasarkan pendekatan kondisi blog itu sendiri serta berdasarkan pendekatan admin blog selaku pemilik atau pengelola blog yang bersangkutan.

Pendekatan Kondisi Blog itu sendiri.

Dari kacamata kondisi blog itu sendiri, maka sebab-sebab yang mengakibatkan sebuah blog jadi sulit berkembang biasanya dikarenakan sebab-sebab berikut ini :

1. Kurangnya optimasi SEO Blog.
Optimasi SEO Blog itu bukan hanya terletak pada masalah-masalah SEO OnPage, namun juga berkaitan dengan masalah-masalah SEO OffPage (backlink blog) serta masalah-masalah yang berkaitan dengan promosi blog secara komprehensif.

Optimasi SEO OnPage pada dasarnya lebih dikaitkan dengan tujuan untuk merebut salah satu posisi penting pada halaman pertama dari Daftar Hasil Pencarian Search Engine (SERP), yang terutama adalah Google SERP. Bilamana sebuah blog tidak mampu menempati salah satu posisi (dari 10 besar) pada halaman pertama hasil pencarian ini, maka hampir dapat dipastikan bahwa blog tersebut menjadi sulit untuk berkembang, karena secara logika, seorang calon pengunjung blog tidak akan mencari-cari sebuah informasi pada halaman kedua, ketiga, keempat dan seterusnya dari daftar hasil pencarian search engine, bilamana ia telah menemukannya pada halaman pertama hasil pencarian.

Selanjutnya SEO OffPage ini pada hakekatnya lebih dikaitkan dengan tujuan untuk memperkuat posisi atau eksistensi sebuah blog agar tidak mudah dikalahkan oleh para pesaingnya yang bisa jadi mencapai angka milyaran blog atau artikel-artikel pesaingnya (memiliki niche yang sama). SEO OffPage (backlink) ini juga diperlukan dalam rangka menurunkan peringkat Alexa, sehingga dapat lebih menarik bagi para calon pemasang iklan di blog.

Promosi blog secara komprehensif ini diperlukan dalam rangka meningkatkan popularitas sebuah blog sehingga pada akhirnya dapat menarik minat pengunjung untuk datang mencari informasi. Dalam hal ini penting diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan originalitas dan kualitas konten-konten blog yang bersangkutan, dan sedapat mungkin menghindari upaya-upaya copy paste konten-konten blog milik tetangga.

2. Desain Blog yang kurang menarik.
Blog yang kita bangun dengan susah payah ini pada dasarnya diperuntukkan bagi para pengunjung blog dan tidak melulu diperuntukkan bagi mesin pencari atau search engine. Oleh karena itu, maka faktor desain blog yang menarik hendaknya juga merupakan sebuah faktor yang patut untuk menjadi pertimbangan.

Desain blog yang menarik bukan dalam artian tidak harus dipenuhi dengan berbagai macam widget blog (yang bisa jadi malah membuatnya terkesan semrawut), namun hendaknya didesain secara multifungsi dengan memperhatikan azas kemudahan dalam penggunaannya.

3. Kurangnya konten-konten yang original dan berkualitas.
Esensi dasar sebuah blog pada dasarnya adalah berupa konten-konten blog (yang tentu saja berupa sajian artikel-artikel informatif dan solutif) dan bukan berbagai macam ragam jenis advertising (iklan-iklan). Dan oleh karenanya, maka dalam hal ini ketersediaan konten-konten blog yang original dan berkualitas menjadi faktor penentu tersendiri bagi perkembangan sebuah blog di masa-masa mendatang.

Konten-konten yang original dan berkualitas itu sangat relatif sifatnya, bergantung kepada jenis informasi apa yang ingin disajikan. Namun dalam hal ini ada satu hal umum yang wajib untuk diperhatikan adalah konten-konten tersebut bukan dari hasil copy-paste konten-konten blog tetangga (yang secara otomatis telah dikenal baik oleh search engine maupun oleh calon-calon pengunjung blog).

4. Blog yang kurang komunikatif.
Blog yang kurang komunikatif dalam artian tidak terlalu sering melibatkan pengunjung (baik dalam bentuk komentar maupun dalam bentuk penyajian artikelnya), tentu saja akan terkesan membosankan bagi mayoritas pengunjung blog. 

Seorang pengunjung blog yang telah dengan rela meluangkan waktunya untuk datang berkunjung, tentu saja memiliki keinginan agar kehadirannya tersebut diperhatikan oleh pemilik atau admin blog, maka oleh karena itu ia bersedia untuk meninggalkan komentar-komentarnya. Selain memberikan balasan dalam kurun waktu yang secepat mungkin, maka dalam hal ini admin blog yang bersangkutan dapat sedikit memberikan reward (penghargaan) bagi pengunjung, yang dalam hal ini dapat berupa sebuah backlink yang mengarah ke blog pengunjung yang bersangkutan (bilamana dirasakan perlu).

5. Blog gado-gado lebih mudah untuk berkembang.
Blog gado-gado dalam hal ini berarti sebuah model blog yang tidak hanya mempertahankan satu niche, melainkan blog tersebut juga menyajikan berbagai thema yang bervariasi. Pada faktanya, blog yang demikian ini akan mudah dan cepat untuk berkembang bila dibandingkan dengan sebuah blog yang hanya monoton dengan satu niche (satu thema tertentu).

Dengan berbagai macam informasi aktual yang dapat kita sediakan, maka pengunjung blog akan dapat pula mengakses beragam informasi penting tanpa ia harus meninggalkan blog (milik kita). Hal ini tentu saja akan berdampak bagi peningkatan pageview blog serta mengurangi prosentase bounce-rate.


Pendekatan Admin Blog (pemilik blog).

Dari sudut pandang Admin Blog, sebuah blog jadi sulit untuk berkembang lebih banyak disebabkan karena pribadi Admin Blog yang bersangkutan, dalam hal ini lebih disebabkan karena faktor-faktor  :

  • Kurangnya disiplin, integritas, konsistensi dan persistensi admin/pemilik blog yang bersangkutan.
  • Kurangnya frekwensi update blog yang sistematis dan berkesinambungan.
  • Tidak adanya tujuan dan sasaran yang pasti terhadap kepemilikan blog yang bersangkutan.
  • Kurangnya kesabaran dan keuletan dari admin/pemilik blog yang bersangkutan.
  • Terlalu mudah untuk patah semangat sebelum mencoba hal-hal yang baru.
  • Faktor kebosanan yang membabi buta dari admin/pemilik blog yang bersangkutan.
  • Faktor kesulitan untuk menghadirkan konten-konten yang original dan berkualitas.
  • Lebih mementingkan kuantitas kunjungan daripada kualitas sebuah blog.
  • Kurangnya melakukan upaya-upaya promosi blog yang komprehensif.
  • Dan masih banyak hal-hal lain yang menurunkan produktivitas admin/pemilik blog.

Baca juga artikel-artikel tentang :
- Membangun sebuah Blog yang berkualitas.
- Beberapa kesalahan para Blogger Pemula.

Demikianlah uraian penulis tentang sebab-sebab sebuah blog menjadi sulit untuk berkembang, bilamana ada diantara anda yang memiliki pandangan-pandangan lain, silahkan menuliskannya pada kotak komentar yang telah tersedia di bawah postingan ini.

Apa sebab Blog jadi sulit berkembang ?
Item Reviewed: Apa sebab Blog jadi sulit berkembang ? 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Wah ini informasi yang sangat bermanfaat, pengalamannya terjadi pada blog aku ..., thanks for sharing

Sebuah blog menjadi sulit untuk berkembang minimal disebabkan oleh dua hal penting, yaitu kualitas halaman postingan blog (artikel blog) dan berikutnyanya adalah masalah optimasi SEO dan promosi blog. Salam blogger.

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!