Membuat Blog berkualitas Users Friendly

Blogger Blog pada artikel berkategori blogger ini akan sedikit menguraikan tentang cara "Membuat Blog berkualitas Users Friendly", sebagai salah satu cara untuk dapat menciptakan kuantitas kunjungan dengan derajat yang tinggi sehingga mampu untuk mendongkrak derajat popularitas blog ke arah yang lebih baik. Tidak seorang pun dari kalangan blogger yang dapat menolak pernyataan bahwa sebenarnya kita membuat blog adalah untuk mengakomodasi kepentingan users (pengunjung blog) dan bukan semata-mata untuk kepentingan search engine atau mesin pencari. Oleh karenanya, esensi dasar sebuah blog adalah terletak pada kualitas masing-masing halaman postingan yang ada. Logikanya, semakin banyak halaman postingan blog yang membantu memberikan solusi kepada para pengunjung, maka tingkat popularitas blog yang bersangkutan akan ikut meningkat seiring dengan berjalannya waktu (karena tidak ada sesuatu pun yang instan di dunia blogging tersebut).

Blogger Blog, Blog Banner

Salah satu ukuran sebuah blog telah berkualitas users friendly adalah tingginya kuantitas visitor (kunjungan blog) yang pada akhirnya juga berdampak pada terangkatnya kuantitas pageviews blog ke arah yang lebih tinggi. Siapapun orangnya (si kalangan blogger), pasti memiliki keinginan yang sama, yaitu blog yang dimilikinya menjadi berada pada kondisi "kebanjiran pengunjung blog". Salah satu faktor utama yang dapat kita pergunakan untuk meraih hal tersebut adalah dengan berusaha untuk merebut kasta tertinggi pada sebuah daftar hasil pencarian search engine (SERP). Dengan berhasil merebut posisi yang demikian itu, maka diharapkan akan mendatangkan banyak klik yang menuju halaman blog maupun halaman postingan blog yang bersangkutan. Dalam artikel ini penulis tidak akan mengupas masalah cara-cara menduduki peringkat pertama tersebut, karena hal ini akan mengaburkan topik bahasan artikel ini.

Untuk menambah wawasan, silahkan baca : Pengertian sebuah blog.

Sebuah blog yang berkualitas users friendly dapat dianalisa berdasarkan ciri-ciri berikut ini :

1. Konten blog yang fresh dan berkualitas.
Sebagaimana telah penulis sebutkan di atas bahwa esensi dasar sebuah blog terletak pada sejumlah halaman postingan (konten blog) blog yang bersangkutan. Semakin banyak terdapat halaman-halaman blog yang diperlukan oleh berbagai kalangan pengunjung blog (dengan latar belakang yang berbeda-beda), maka dapat dikatakan bahwa blog tersebut sangat memperhatikan kebutuhan para pengunjungnya dan tidak semata-mata memenuhi kepentingan search engine (meskipun hal ini juga tidak dapat ditinggalkan).

Konten blog yang fresh dan berkualitas setidaknya bukan merupakan artikel hasil copy-paste ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan berita-berita "boombastis temporer" yang hanya populer berdasarkan rentang waktu tertentu saja serta tidak mampu bertahan untuk waktu yang lama (atau permanen). Konten blog yang fresh dan berkualitas ini pada dasarnya memiliki ketahanan tersendiri terhadap perjalanan waktu artinya tidak mudah basi, tidak mudah out of date.

2. Memiliki Menu Navigasi blog yang ergonomis.
Fitur-fitur navigasi blog merupakan sebuah sarana penting untuk membimbing para pengunjung blog saat mereka ingin mengeksplorasi keseluruhan isi sebuah situs atau blog secara lengkap. Kita, dalam hal ini sebagai pemilik blog, wajib untuk menyediakan fitur-fitur navigasi tersebut yang mudah untuk dipergunakan oleh pengunjung blog dengan tanpa harus berputar-putar sebelum menuju sasaran yang tepat. Seperti contohnya : untuk mendownload sebuah template blog (gratisan), banyak para pembuat template yang dengan sengaja untuk mengarahkan pengunjung ke beberapa link url lain sebelum menuju ke link url yang sebenarnya. Hal ini seringkali membuat para pengunjung menjadi gerah, dan bisa jadi akan mengakhiri kunjungannya dengan begitu saja tanpa meninggalkan sesuatu apapun.

3. Menampilkan Widget-Widget Pendukung yang perlu.
Sebuah blog yang users friendly tentu hanya akan menampilkan widget-widget blog yang memang dibutuhkan untuk mendukung eksistensi blog yang dimilikinya itu. Widget-widget tersebut adalah : Popular Post, Menu Kategori Postingan, Widget Social, Menu Search dan lain-lain yang bersifat mendukung. Fitur-fitur banner iklan tentu saja akan ditempatkan secara teratur dengan tidak menutupi tampilan utama dari blog yang bersangkutan. Selanjutnya kita tidak perlu menampilkan fitur-fitur pop-up yang berisi beberapa hal yang tidak terlalu berguna, semacam pop-up ucapan selamat datang, pop-up like fanspage dan lain-lain.

4. Memiliki kecepatan akses/loading yang relatif tinggi.
Kecepatan akses/loading halaman blog pada dasarnya merupakan salah satu faktor yang dapat dipergunakan untuk menentukan tinggi rendahnya jumlah pengunjung blog. Seorang pengunjung blog tentu tidak akan mau menghabiskan waktu kunjungannya hanya untuk menunggu proses akses/loading sebuah halaman blog saja, dan bilamana hal itu terjadi, maka dengan segera ia akan mengakhiri kunjungannya serta membuka halaman blog lain yang lebih cepat proses loadingnya. Hal ini sangat manusiawi, kita pun tentu tidak akan pernah mau untuk menunggu berlama-lama hanya untuk mengakses sebuah halaman blog yang isinya belum tentu memuaskan sesuai yang kita harapkan.

5. Berusaha membalas setiap komentar yang masuk.
Membalas sebuah komentar yang masuk (dari pengunjung blog) pada dasarnya merupakan indikasi bahwa sang pemilik blog tersebut sangat memperhatikan kedatangan pengunjung blognya. Kesediaan membalas komentar tersebut juga dapat mengindikasikan "keterbukaan" sang pemilik blog. Bayangkan saja, bagaimana perasaan seorang visitor blog bilamana ia telah dengan susah payah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan sekedar meninggalkan komentar blog, namun upayanya tersebut sama sekali tidak mendapatkan sambutan yang postitip dari pemilik blog yang bersangkutan. Pasti kecewa .... , dan untuk selanjutnya tidak akan pernah mau untuk mengulangi kunjungannya tersebut di lain kesempatan.


Demikianlah 5 (lima) faktor yang setidaknya cukup untuk mewakili kriteria sebuah blog yang berkualitas users friendly. Maksimalkan ke lima faktor tersebut di atas, maka secara lambat namun pasti blog anda akan mengalami kondisi "banjir pengunjung".

Jangan lupa membaca : Apa sebab Blog sulit berkembang ?

Membuat blog berkualitas users friendly setidaknya merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan kuantitas pengunjung blog di masa yang akan datang.

Membuat Blog berkualitas Users Friendly
Item Reviewed: Membuat Blog berkualitas Users Friendly 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!