Jangan pernah meremehkan praktek SEO blog

Tutorial Blog, pada artikel kali ini ingin sedikit membuat opini tentang "Jangan pernah meremehkan praktek SEO blog" yang pada dasarnya merupakan sebuah tulisan untuk membuka wawasan seorang blogger pemula (mungkin seperti aku ini) tentang pentingnya SEO Blog. Praktek SEO Blog pada dasarnya merupakan serangkaian proses optimasi sebuah situs atau blog untuk dapat berkomunikasi secara intens dengan mesin pencari atau search engine. Praktek SEO ini sangat diperlukan pada saat awal mula kita membentuk sebuah blog. Dengan adanya optimasi SEO ini diharapkan sebuah situs atau blog dapat memperoleh kasta tertentu pada sebuah daftar hasil pencarian.

Tutorial Blog, Banner SEO

Ada beberapa blogger yang beranggapan bahwa SEO blog itu tidak terlalu penting, yang penting adalah membuat konten atau postingan blog. Anggapan semacam ini jelas salah besar, percuma saja kita menulis postingan blog dalam jumlah yang banyak bilamana tidak terindeks oleh search engine. Dalam hal ini peran optimasi SEO menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Kita sebagai blogger tidak perlu menjadi ahli atau menguasai praktek-praktek SEO sampai sedetil-detilnya, cukuplah bagi kita untuk menguasai optimasi SEO tingkat dasar saja, agar segala apa yang kita lakukan dengan blog milik kita dapat diketahui oleh search engine dengan baik.

Fungsi Utama Search Engine

Pada dasarnya sebuah search engine memiliki dua fungsi penting berkaitan dengan keberadaan sebuah blog, yaitu : menelusuri dan membuat indeks halaman-halaman blog yang ada, serta menyediakan informasi yang sesuai kepada para pengunjung dengan jalan menampilkan daftar peringkat halaman-halaman blog tertentu yang sesuai dengan kata kunci yang dimaksud oleh pengunjung.

Cara Kerja Search Engine

Link yang ada di dalam struktur suatu web atau blog memberikan ikatan yang menyatukan semua halaman web atau situs secara bersama-sama. Link memberikan kesempatan bagi robot otomatis (spider) yang dimiliki oleh mesin pencari yang disebut dengan “crawlers” atau “spiders” untuk dapat mencapai jutaan dokumen yang saling terkait di web. Sekali mesin pencari dapat menemukan halaman-halaman ini, mereka akan membuka kode yang ada di dalamnya dan menyimpan potongan yang terpilih dalam database yang sangat besar, untuk dapat dipanggil di waktu mendatang ketika dibutuhkan oleh para calon pengunjung blog.

Untuk dapat mencapai tugas yang paling monumental yaitu menyimpan jutaan halaman yang dapat diakses dalam waktu hitungan detik, perusahaan mesin pencari telah mengkonstruksikan pusat data di seluruh dunia. Fasilitas penyimpanan yang sangat besar ini menyimpan ratusan mesin yang memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dengan sangat cepat. Ketika seseorang melakukan pencarian dari segala tempat mesin pencari, mereka akan menginginkan hasil yang secepat mungkin; bahkan untuk satu atau dua detik terlambat dapat menyebabkan ketidakpuasan, sehingga mesin pencari bekerja sangat keras untuk dapat memberikan jawaban secepat mungkin.

Baca juga : Tentang Pengertian SEO.

*Memberikan Jawaban Sesuai Relevansi dan Popularitas*

Mesin pencari adalah mesin penjawab. Ketika seseorang melakukan pencarian secara online, mesin pencari akan menelusuri jutaan dokumen dan melakukan dua hal penting : pertama, mesin ini menampilkan hanya hasil yang relevan atau berguna pada kotak pencari; kedua, mesin pencari memberikan ranking pada hasil hasil pencarian tersebut berdasarkan dari popularitas website, situs atau blog yang menyediakan informasi-informasi yang relevan tersebut.

Relevansi dan popularitas adalah proses *cara kerja search engine* yang sangat berpengaruh pada dunia marketing di internet. Bagi mesin pencari, relevansi memiliki arti yang lebih dari sekedar menemukan halaman dengan kata yang benar (sesuai dengan kata kunci tertentu). Pada zaman dahulu di awal kehidupan web, mesin pencari tidak mencari lebih jauh dari cara sederhana ini, dan hasil pencarian sangat terbatas jumlahnya. Setelah bertahun tahun, para insinyur yang cerdas telah membuat cara yang lebih baik untuk dapat mencocokan hasil dengan pertanyaan dari sebuah pencarian oleh pengunjung (pengguna search engine).

Hari ini, ratusan faktor dapat mempengaruhi relevansi dari hasil pencarian yang dikeluarkan oleh mesin pencari. Mesin pencari biasanya mengasumsikan bahwa semakin populer suatu situs, halaman atau dokumen, maka akan lebih bernilai jenis informasi yang diberikan. Asumsi ini telah dibuktikan dapat bekerja dengan efektif dan sukses berdasarkan kepuasan pelanggan dengan hasil pencarian (search engine result).

Popularitas dan relevansi tidak ditentukan secara manual. Sebaliknya, mesin pencari menggunakan rumus matematika atau algoritma untuk mengurutkan tingkat relevansi dan kemudian memberikan ranking berdasarkan kualitas atau popularitas web atau situs tersebut, algoritma ini biasanya menggunakan ratusan variabel. Dalam wilayah cakupan marketing, biasanya hal ini disebut sebagai ranking faktor. Dengan mengetahui bagaimana mesin pencari membuat indeks, ranking berdasarkan relevansi, maka SEO kemudian memberikan tingkat relevansi yang lebih tinggi pada website untuk meningkatkan ranking pada hasil mesin pencari.

Dari uraian di atas nyatalah pada kita semua bahwa proses optimasi search engine adalah merupakan sebuah hal penting bagi sebuah blog bila memang ingin berhasil di dunia internet. Proses penulisan atau pembuatan postingan blog bukanlah satu-satunya faktor keberhasilan di dunia blogging, praktek SEO sebenarnya merupakan pendukung penting dari keberadaan atau eksistensi sebuah halaman postingan blog.


Jangan pernah meremehkan praktek SEO blog
Item Reviewed: Jangan pernah meremehkan praktek SEO blog 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!