Membangun sebuah blog yang berkualitas

Blogger Blog. Membangun sebuah blog yang baik dan berkualitas serta mampu bersaing pada hasil pencarian mesin telusur (SERP) ternyata tidaklah semudah yang kita bayangkan. Membangun sebuah blog dengan tujuan seperti tersebut di atas membutuhkan kepiawaian serta keseriusan tersendiri dari pemilik atau pengelolanya. Blog yang mampu bersaing pada hasil pencarian oleh mesin telusur (SERP) tentunya membutuhkan beberapa pondasi penting untuk dapat mempertahankan eksistensinya di dunia internet (blogging). 

Modus Blogger, kembangkan blog

Pondasi-pondasi tersebut  tentu berkaitan dengan hal-hal seperti pemilihan serta pemakaian template blog yang sesuai (valid, responsive, SEO friendly serta user friendly); proses optimasi blog  (template, postingan maupun gambar-gambar postingan sampai kepada hal mencari backlink) harus dilaksanakan dengan cermat dan seksama (maksimal) artinya dalam melakukan proses optimasi blog tersebut tidak dapat dilakukan secara sekedarnya atau seadanya dan yang terakhir, sebuah blog yang ingin dapat bertahan dalam persaingan yang begitu ketat harus mampu memanjakan pengunjung atau visitor (user friendly) dalam artian harus mampu menyediakan konten-konten atau artikel-artikel blog yang berkualitas (dalam artian tidak mudah basi/out off date), dan yang paling penting admin blog atau pengelola blog harus mampu menampilkan sebuah disain blog yang teratur (sistematis) dan bagus (tidak acak-acakan) serta memiliki proses loading yang ringan (cepat) dan harus berupaya untuk selalu menyajikan fitur-fitur navigasi blog (baik internal maupun eksternal) yang tidak bersifat menyesatkan pengunjung.

Dalam banyak kasus sering kita mendapati adanya fitur-fitur navigasi blog yang mengarahkan pengunjung menuju ke situs lain demi untuk tujuan komersial semata. Biasanya hal ini dilakukan oleh situs atau blog-blog penyedia template-template gratis atau situs penyedia software/aplikasi anti virus gratis dan hal-hal yang semacam itu. Memang hal ini merupakan tindakan yang sah untuk dilakukan, namun tentu saja sedikit banyak akan mengecewakan pengunjung blog atau situs-situs tersebut. Seorang pengunjung yang ingin memecahkan masalah yang dihadapinya, namun di sisi lain ia akan dibawa berputar-putar demi keuntungan sang pemilik situs atau blog tersebut.

Baca artikel : Seputar pengertian sebuah blog.

Dari sisi mesin pencari (search engine), sebuah blog yang mampu bersaing pada hasil pencarian (SERP) adalah sebuah blog yang telah mengalami proses optimasi SEO onpage maupun SEO offpage (backlink) secara maksimal, natural dan alami. Artinya, semua proses dan prosedur optimasi tersebut dilakukan dengan sistematis dan terstruktur, sebuah proses optimasi yang dilakukan dengan tergesa-gesa atau terburu-buru untuk meraih posisi puncak dalam daftar pencarian, secara lambat laun namun pasti, akan hilang dari peredaran atau percaturan di dunia blogging (hasil pencarian search engine). Blog yang dipotimasikan secara tergesa-gesa ini, biasanya lebih fokus untuk mempraktekkan cara-cara black-hat-SEO (terutama dalam upaya pencarian backlink) yang walaupun disembunyikan sedemikian rupa, pasti akan terlihat oleh bot atau spider mesin pencari karena adanya algoritma-algoritma mesin pencari yang telah semakin canggih saat ini.

Salah satu cara untuk membangun sebuah blog yang berkualitas adalah mendapatkan backlink yang berkualitas pula. Backlink yang paling berkualitas adalah backlink dari Google sebagai satu-satunya raksasa search engine yang ada saat ini dan merupakan tempat bernaung hampir semua situs atau blog-blog yang ada di dunia internet. Saya yakin bahwa hampir tidak ada satupun situs atau blog yang lepas dari mesin telusur Google ini, artinya backlink dari Google ini memang benar-benar dicari dan sangat diharapkan oleh para blogger maupun pemilik situs-situs lainnya. Dengan demikian, backlink dari Google ini merupakan sebuah backlink yang paling berkualitas untuk saat ini.


Membangun sebuah blog yang berkualitas
Item Reviewed: Membangun sebuah blog yang berkualitas 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Bagaimana dengan blog aku ? Kira-kira udah berkualitas belum ya ..... ? :malu

http://dutablog67.blogspot.com

Wah, mantap... Sepertinya saya harus banyak belajar dari sini nih. :)

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!