Seputar pengertian sebuah blog

Modus Blogger. Pada kesempatan ini ingin rasanya penulis untuk melengkapi blog terbaru ini dengan pemaparan tentang pengertian sebuah blog dan segala sesuatu yang terkait di dalamnya. Pengertian sebuah blog ini pada dasarnya merupakan sebuah bekal awal bagi seorang blogger baik itu blogger kawakan maupun blogger pemula seperti aku ini. Terkadang kita menjadi bingung ketika dihadapkan pada sebuah pertanyaan tentang "Apa pengertian atau definisi sebuah blog tersebut ?", padahal kita bisa jadi telah memiliki atau menjadi admin sebuah blog untuk kurun waktu yang tidak singkat, bahkan mungkin telah bertahun-tahun malang melintang di dunia blogger.

Modus Blogger, pengertian blog

Ada banyak definisi atau pengertian sebuah blog tersebut, diantaranya adalah sebuah pengertian yang cukup lengkap menggambarkan keberadaan sebuah blog, yaitu  :

Menurut Wikipedia.

Sebuah blog adalah situs web yang item (baca : artikel) diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Istilah blog adalah singkatan dari weblog atau web log. Mengarang blog, memelihara sebuah blog atau menambahkan artikel ke blog yang sudah ada disebut “blogging“. Masing-masing artikel pada sebuah blog disebut “tulisan blog”, “tulisan” atau “masukan”. Orang yang menulis atau memasukkan dan memelihara tulisan di blog disebut “blogger“. Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan link (ke halaman web dan video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi dengan gaya percakapan. Seringkali blog fokus pada “wilayah kepentingan” tertentu, seperti Washington, DC, politik yang sedang berlangsung, dan beberapa blog mendiskusikan pengalaman pribadi.

Dari definisi tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa, blog merupakan singkatan dari kata weblog, yang biasanya berisikan berbagai macam artikel-artikel yang bisa berupa sebuah text, hypertext, gambar-gambar, video, audio dan bisa juga berupa sebuah atau beberapa link (yang menuju ke halaman situs yang lainnya) dan juga bisa berisikan file-file lainnya semacam iklan atau promosi. Adapun urutan penulisan di dalam sebuah blog ini menampilkan urutan kronologis mundur yang artinya, posting yang paling akhir akan diletakkan pada bagian paling awal demikian seterusnya.

Berkaitan dengan masalah kronologis postingan ini, sebenarnya tidak pula dapat dipergunakan sebagai patokan, karena dalam hal ini setting tanggal postingan dapat kita atur sedemikian rupa sehingga di dalam urutannya sebuah posting baru akan diletakkan pada bagian bawah berdasarkan setting tanggal pada saat membuat postingan.

Selanjutnya blogging dalam hal ini dapat didefinisikan dengan serangkaian kegiatan membentuk atau mengarang sebuah blog, memelihara sebuah blog (termasuk melakukan upaya-upaya optimasi SEO), menambahkan postingan-postingan baru atau sekedar menjawab komentar-komentar yang masuk dalam sebuah artikel. Dan orang atau mereka-mereka yang melakukan hal ini disebut dengan sebutan seorang blogger.

Akhirnya untuk istilah blogger sendiri secara dialektikal dibedakan lagi dengan blogger pemula dan blogger kawakan, yang menurut pendapat pribadi penulis hal ini hanya berkaitan dengan masalah "jam terbang". Semakin lama seseorang menekuni dunia blog, pastilah ia akan memiliki berbagai macam pengetahuan maupun ketrampilan yang berkaitan dengan cara-cara untuk mengembangkan sebuah blog. Pengalaman mengelola sebuah blog memang akan dapat membawa seseorang menjadi ahli atau paling tidak memahami seluk beluk dunia blog dan blogging ini.

Demikianlah uraian penulis tentang pengertian sebuah blog, semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.


Seputar pengertian sebuah blog
Item Reviewed: Seputar pengertian sebuah blog 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Pengertian tentang blog yang sangat lengkap, memang sebagai blogger sejati kita harus memahami pengertian tentang blog ini sebagai suatu dasar pijakan untuk pengembangan lebih lanjut. Salam blogger.

Sangat setuju Mbak Shelly, pemahaman tentang pengertian sebuah blog ini memang merupakah fundamental paling dasar bagi seorang blogger (termasuk blogger pemula seperti aku ini). Trims.

Pengertian dasar sebuah blog ini sebaiknya menjadi bekal dasar untuk beraktivitas di dunia blogging ..., salam blogger.

Pengertian dasar sebuah blog ini penting bagiku untuk menapaki aktivitas di dunia blogging, dengan memahami arti atau definisi sebuah blog ini aku berharap dapat menemukan momentum-momentum yang tepat untuk mengembangkan blog milikku. Salam Blogger.

artikel yang sangat bangus dan bermanfaat,apalagi pembahasan tentang baclinck pasti sangat penting.trim

Emoticon? nyengir

Silahkan meninggalkan komentar dengan bahasa yang relevan dan sopan.. # Don't Spamm ! #

Komentar Terbaru

Just load it!